Postingan

Cara Melepas Selang Infus dengan Mudah

Assalamu'alaikum - Tutorial ini diberikan untuk keluarga pasien yang mungkin saat ini sedang memiliki anggota keluarga yang diinfus oleh tenaga kesehatan di rumah (Home Care), khususnya buat masyarakat kota Pontianak. 
Untuk melepas selang infus dari pasien sebenarnya sangat mudah dan bisa dilakukan oleh keluarga pasien sendiri tanpa harus memanggil kembali tenaga kesehatan ke rumah. Alasannya karena memanggil kembali tenaga kesehatan ke rumah khawatir akan dikenakan biaya pelepasan infus. 

kunci selang infus sebelum melepas jarum infus dari penusukan


Adapun langkah mudah yang bisa dilakukan untuk melepas infus: 
  1. Siapkan dahulu kapas alkohol dan plester 
  2. Jika kapas alkohol dan plester sudah siap, kunci dahulu selang infus. Tujuannya agar tidak ada udara di dalam selang yang masuk ke area penyuntikan infus. 
  3. Lepas botol infus dari selang. 
  4. Setelah melepas botol infus baru melepas jarum infus yang terpasang secara perlahan dengan cara menarik ke arah bawah
  5. Simpan dan kemas jarum serta selang infus ke tempat yang aman terhindar dari kerumunan orang ramai
  6. Tutup bekas tusukan jarum dengan kapas alkohol lalu plester. Plester dapat dibuka sekitar 20 menit setelah terpasang. 
Demikian cara mudah melepas jarum infus dari penusukan pada keluarga atau pasien yang sudah dilakukan penginfusan. Semoga bermanfaat. Jika Anda masih kesulitan dapat menghubungi salah satu tim perawat home care, bisa menghubungi di sini

Posting Komentar