Postingan

Rangkuman Bimtek PKM Bagi Dosen dan Mahasiswa di Perguruan Tinggi


Assalamualaikum wr wb - Hari ini institusi saya Politeknik 'Aisyiyah Pontianak mendapatkan undangan dari majelis pendidikan tinggi Pimpinan Pusat Muhamamdiyah Aisyiyah (PTMA) untuk bimbingan teknis (Bimtek) bagi dosen pembimbing Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Bimtek yang diselenggarakan memiliki tema dengan judul Kiat Sukses Lolos PKM 2024. Sebanyak 900 lebih peserta yang mengikuti kegiatan dari berbagai PTMA baik dosen pembimbing maupun mahasiswa bimbingan PKM. Kegiatan ini dikoordinir oleh tim penyelenggara dari Pusat Prestasi Mahasiswa (Puspresma) PTMA. Mungkin Sedikit info tentang PKM yaitu program kompetisi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) setiap tahunnya. Adapun manfaat yang ingin dicapai dari program PKM ini antara lain: 

  1. Mendorong Inovasi: Program ini memberikan platform bagi mahasiswa untuk berpikir di luar batas-batas, mendorong mereka untuk menemukan solusi-solusi baru untuk tantangan yang ada dalam masyarakat, teknologi, dan bidang lainnya.
  2. Pengembangan Keterampilan: Melalui partisipasi dalam program ini, mahasiswa dapat mengasah keterampilan kreatif, berpikir kritis, komunikasi, dan kepemimpinan yang sangat penting dalam dunia kerja yang kompetitif.
  3. Menggalang Kolaborasi: Program ini memfasilitasi kolaborasi antar-mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu, memungkinkan mereka untuk belajar satu sama lain, memperluas wawasan mereka, dan menghasilkan ide-ide yang lebih inovatif
Sedangkan program Bimtek PKM ini diharapkan dapat mendorong jumlah PKM dari berbagai perguruan tinggi PTMA dapat lolos seleksi bahkan hingga mencapai ke Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas) di Universitas Airlangga. Beberapa poin yang berhasil dirangkum dari kegiatan ini antara lain sebagai berikut: 

Pemateri: Prof. Andi Dian Permana 

Materi yang disampaikan oleh Prof. Andi Dian Permana

  1. Proposal PKM yang dibuat tidak hanya untuk sekedar mendapatkan dana, tapi bisa mendapatkan poin setingginya sehingga bisa lolos ke Pimnas. 
  2. PKM memiliki misi untuk membentuk mahasiswa supaya dapat mampu berbpikir kreatif dan berbeda dari yang lain. 
  3. Ide yang ingin diangkat dari PKM upayakan dapat berkelanjutan (futuristik) dan bisa dilaksanakan (realistik), unik, dan memiliki derajat kemanfaatan yang tepat 
  4. Urgensi dari sebuah ide ditampilkan dalam bentuk angka atau nominal di bagian latar belakang
  5. Untuk membentuk tim bagi mahasiswa upayakan cari anggota yang dia tidak dicari kalau keluar di malam hari karena pengerjaan PKM umumnya dimulai dari sore hingga malam hari, tidak baperan, punya skil komunikasi dan intonasi suara yang bagus, mau bekerja keras, tidak egois, dan yang jago ngedit. 
  6. Perhatikan dengan detil panduan teknis dari PKM yang disajikan oleh Kemdikbud
  7. Buatkan ide yang kreatif. Untuk mendapatkan ide yang kreatif perlu banyak membaca
  8. Metode yang digunakan adalah terbarukan dan usahakan tidak menggunakan daftar pustaka yang di atas 10 tahun 
  9. Gali lebih jauh potensi dari sebuah ide dengan membandingkan apa yang sudah orang kerjakan apa yang belum 
  10. Sajikan masalah dengan jelas dan relevan dengan kondisi sekarang. 
  11. Jangan abaikan novelty atau kebaruan dari sebuah ide. Ide dari sebuah PKM harus jelas, atraktif, berbeda dengan menyusun sebuah ide atau gagasan di skripsi. 
  12. Pada PKM kewirausahaan harus jelas bisnis model dan cash flow untuk 2 tahun ke depan

Demikian informasi rangkuman kegiatan, untuk poin lainnya yang belum terangkum dapat dilihat secara langsung video webinar kegiatan ini pada Youtube Puspresma PTMA atau Majelis Dikti PTMA. 

Posting Komentar