Membuat Tampilan Modal Dialog Seperti Aplikasi Native di Formulir Access Pendataan Pasien

Microsoft Access adalah aplikasi manajemen database yang kuat yang dapat digunakan untuk membuat, mengelola, dan mengakses database dengan mudah.

Salah satu fitur yang sangat berguna dalam Microsoft Access adalah kemampuan untuk menggunakan tampilan modal dialog. Tampilan modal dialog adalah jendela atau dialog box yang muncul di atas antarmuka pengguna utama dan meminta pengguna untuk melakukan tindakan tertentu sebelum melanjutkan.

Penggunaan tampilan modal dialog dalam Microsoft Access dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih terkontrol dan interaktif. Salah satu contoh penggunaan tampilan modal dialog adalah saat pengguna ingin menghapus data atau melakukan tindakan yang memiliki dampak besar pada database. Dengan menggunakan tampilan modal dialog, pengguna harus mengonfirmasi tindakan tersebut sebelum proses dilanjutkan, mengurangi risiko penghapusan data yang tidak disengaja.

Untuk membuat tampilan modal dialog pada Microsoft Access, berikut adalah langkahnya: 

Buka formulir yang sudah dibuat dan akan diubah menjadi tampilan Modal Dialog. Lalu pilih pada Property Sheet seperti pada gambar di bawah


Lakukan settingan Property Sheet form. Di sini saya melakukan settingan tampilan pada formuli Input Data dulu terlebih dahulu. Settingan seperti pada gambar di bawah: 

Untuk settingan makro perlu dilakukan berhati-hati, karena jika pengaturan makro kurang tepat, aplikasi akan terkunci dan tidak bisa diedit. Untuk settingan makro kita perlu melakukan setting pada OnOpen dan OnClose. Langkahnya bisa diikuti seperti pada gambar di bawah: 











Lakukan langkah yang sama dengan formulir input data pasien 




Terakhir lakukan penguncian aplikasi pada Access dan jangan lupa pada bagian Display Form, tentukan form mana yang akan dibuka terlebih dahulu. 


Sekian tutorial untuk mengatur tampilan Modal Dialog seperti Aplikasi native di Microsoft Access Database. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya. 









Posting Komentar